Tentang Yayasan Tunas Unggul Bangsa

A. Latar Belakang

Masih banyak siswa, mahasiswa, dan guru berprestasi belum tersentuh pendidikan yang memadai karena masalah ekonomi. ITS sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia juga terbatas memberikan fasilitas gratis bagi mereka yang kurang mampu. Namun adakah nyata keperdulian alumni ITS pada masyarakat dan almamaternya? Bagaimana agar niat baik pemberian bantuan pendidikan bisa terus berkelanjutan? Adakah manajemen yang sudah mengcover itu semua? Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang belum terjawab.

Jumlah alumni ITS dari tahun 1967 hingga 2009 sebanyak 65.000 orang, dengan asumsi alumni aktif dan produktif 40.000. Jika ada 5% total alumni aktif dan produktif atau 2.000 orang alumni yang ikut peduli mendukung Program Sosial Masalah Pendidikan, yaitu dengan cara menginfaqkan atau memberikan sumbangan dari sebagain harta mereka rata-rata sebesar Rp. 100.000,- per bulan (seratus ribu rupiah), maka dana Program Sosial Masalah Pendidikan terkumpul sekitar Rp. 200.000.000,- per-bulan (tiga ratus juta), atau sekitar Rp 1.200.000.000,- per semester (Satu Milyar dua ratus juta rupiah).

B. Visi

Ikut serta mendukung program ITS untuk melahirkan generasi beriman dan bertaqwa (IMTAQ,) sekaligus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berakhlaqulkarimah sehingga dapat mengharumkan nama ITS dikancah perkembangan teknologi dunia.

C. Misi

Memberantas buta biaya dan buta pendidikan dengan cara memberdayakan siswa SMU dan SMK serta guru-guru yang kurang dalam biaya pendidikan tetapi berprestasi dalam belajar mengajar, dengan memberikan beasiswa dan beaguru selama belajar di ITS secara gratis, dengan tidak memandang suku, agama, golongan dan ras. Serta memberantas buta keperdulian sosial dengan cara mengajak seluruh alumni ITS untuk memperbanyak amal shaleh dengan cara menginfaqkan atau menyumbangkan dari sebagaian hartanya untuk pendidikan saudara-saudaranya miskin tetapi mempunyai prestasi belajar dan mengajar yang tinggi yang ada diseluruh pelosok tanah air Indonesia.

D. Nama dan Bentuk Kegiatan

Beasiswa & Beaguru Program Sosial Masalah Pendidikan Tepat Guna & Tepat Sasaran

E. Sasaran

Peserta :

  1. Siswa SMU dan SMK *)
  2. Siswa berprestasi usulan alumni *)
  3. Mahasiswa ITS berprestasi *)
  4. Guru berprestasi yg berdedikasi tinggi *)
*) Catatan: Siswa SMU dan SMK serta guru adalah warga Indonesia asli yang berprestasi, tidak mengenal ras, suku, agama atau golongan.

Sumber Dana :

  1. Dermawan Alumni ITS
  2. Dermawan Umum
  3. Dana CSR perusahaan/lembaga tidak mengikat

F. Pelaksana

Ikatan Alumni ITS Pengurus Wilayah Jakarta Raya