Testimoni Penerima Beasiswa Tunas Unggul Bangsa

Apa kata mereka?

Alhamdulillah.. Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT saya terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa YTUB IKA ITS. Beasiswa ini amat membantu perkuliahan saya di ITS selama 3 tahun. Semua biaya perkuliahan ditanggung oleh YTUB IKA ITS sehingga biaya biaya tersebut tidak menjadi beban bagi saya. Bahkan penelitian saya pun dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan biaya penelitian yang diberikan. Saya juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pengurus YTUB IKA ITS yang telah banyak membantu dan sangat memperhatikan kesejahteraan para penerima beasiswa. Dengan beasiswa ini, saya dapat melanjutkan kuliah saya yang sempat terputus selama hampir 1 tahun yang salah satunya disebabkan karena terhambat biaya kuliah. Semangat saya untuk kuliah lebih besar karena biaya telah dimudahkan. Sebelum lulus pun saya telah mendapat pekerjaan di lab kesmavet Disnak Jatim yang alhamdulillah saya jalani hingga saat ini.Terimakasih YTUB IKA ITS. Harapan saya, YTUB IKA ITS kedepannya dapat membantu lebih banyak adik-adik kita yang ingin kuliah di ITS namun mengalami keterbasan biaya dan juga dapat memberikan semangat secara moriil.

Syam Pratiwi - Biologi 2010
Saat ini bekerja di Disnak Jatim

Menjadi bagian dari penerima beasiswa YTUB merupakan hal yang luar biasa meringankan beban kedua orang tua saya. Bapak saya seorang petani dan beliau kompak dengan Ibu saya menyekolahkan saya dan ketiga saudara saya. Tujuan mereka adalah membekali kami dengan ilmu. Kebanyakan anak seusia saya di desa dibekali dengan harta, dibelikan motor atau peralatan lain yang booming saat itu seperti PS2. Namun keluarga saya dulu hanya punya satu motor untuk Bapak saya bekerja dan untuk mengantarkan kami sekolah setiap pagi dan menjemput kami setiap siang sampai lulus SMA. Saat pertama kuliah, saya harus membayar uang pendaftaran, dll sampai saya tidak berani pulang karena mereka menghabiskan hampir semua simpanannya untuk membayar biaya kuliah saya pada awalnya. Namun pada semester dua, YTUB memberikan saya beasiswa sampai saya lulus. Uang beasiswa itu saya kembangkan selain untuk makan juga untuk usaha printing dan mencetak laporan praktikum saya. Alhamdulillah. YTUB was helping my study a lot.

Wildan Habibi - Teknik Kimia 2009
Saat ini bekerja di PKT Bontang

Bagi saya, kuliah adalah hal yang sangat penting. Namun, saya sadar bahwa bapak ibu saya yang hanya berprofesi sebagai buruh tani, dan masih mempunyai adik yang perlu sekolah, adalah hal yang berat untuk mencapai tahap kuliah. Ketika lulus sma, saya mau menyerah saja. Akan tetapi, ternyata saya justru dimarahi bapak ibu saya. Saya diminta ikut SNMPTN. Masalah biaya, pasti ada jalan. Hanya begitulah perkataan mereka. Alhamdulillah, saya lolos dan diterim di Teknik Material dan Metalurgi ITS. Dengan hanya berbekal 1 juta, saya berangkat ke Surabaya sendiri. SPP dan SPI saya diberi penangguhan oleh WR 3, sehingga saya bisa tetap kuliah. Tahun pertama kuliah, saya ikut seorang dosen, sehingga pengeluaran saya bisa saya tekan. Pada akhir tahun pertama kuliah, saya diberitahu senior saya mengenai beasiswa YTUB. Dengan mengucap bismillah, saya mencoba mendaftar. Alhamdulillah, saya diterima sebagai mahasiswa pertama ITS yang memperoleh beasiswa itu. SPP dan SPI saya dibayarkan oleh yayasan, saya mendapat uang saku perbulan sampai lulus S1, dan juga pembiayaan Tugas Akhir. Tiada kata yang bisa saya ucapkan, selain ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya, kepada YTUB ITS, yang telah membantu saya mewujudkan cita cita saya kuliah. Untuk YTUB, saya berharap ke depannya semakin maju, tetap jaya, dan terus berkarya membantu mahasiswa ITS, pemuda pemudi harapan bangsa, agar bisa mengenyam bangku perkuliahan dan kelak menjadi agen perubahan bagi masyarakat Indonesia. Aaminn.

Hanifuddin Nurdiansyah – Teknik Material dan Metalurgi 2009
Saat ini menjadi dosen ITS

Alhamdulillah dengan bantuan beasiswa YTUB, saya bisa kuliah di Matematika ITS selama empat tahun. Selain finansial, saya juga mendapat keluarga baru di YTUB (termasuk gotong royong mengurus beasiswa supaya bisa cair). Syarat yang diberikan YTUB agar tetap mendapat beasiswa yaitu harus mempertahankan IPK>=3 membuat saya termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Terima kasih telah memberikan saya kesempatan kembali saat IPK saya kembali mencapai angka 3. Beasiswa YTUB adalah beasiswa yang menurut saya sangat selektif dan tepat sasaran untuk mahasiswa yang benar-benar membutuhkan sehingga harapan dan mimpi generasi penerus bangsa yang kuliah di ITS bisa terwujud, seperti mimpi saya menjadi HRD di salah satu perusahaan swasta ternama di Kota Gresik. Perusahaan tersebut adalah PT Kelola Mina Laut Gresik

Sulastri - Matematika 2010
Saat ini bekerja di PT Kelola Mina Laut Gresik

Saat baru mendapat pengumuman diterima di PENS, July 2010, saya hanya bisa tersenyum masam. Saya tidak terdaftar sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Dan saya pun tidak punya cukup biaya untuk melakukan daftar ulang. Kalaupun ada, untuk biaya hidup perbulan saya tidak ada. Beasiswa dari kampus tersedia setelah semester 3. Dan juga bukan beasiswa penuh. Saya sudah putus asa sampai, tiba - tiba saya temukan spanduk Yayasan Tunas Unggul Bangsa (YTUB) di sekitar Taman Alumni ITS. Sederhana saja isinya, tapi sangat berarti bagi saya, YTUB menerbitkan kembali harapan bagi saya untuk bisa kuliah. Dan ternyata masih banyak orang lain yang mengalami permasalahan yang seperti saya alami. YTUB bukan saja memberi harapan bagi saya, tapi juga telah menjadi salah satu faktor utama yang mengubah hidup saya dan keluarga saya menjadi jauh lebih baik. Terima kasih YTUB, semoga terus memberikan dan menyebarkan manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi terima kasih. :))

Arif Ardiansyah - Teknik Informatika PENS 2010
Saat ini berkerja di Ihram Asia

Alhamdulillah dengan adanya beasiswa YTUB banyak membantu meringankan orang tua dalam membiayai pendidikan. Beasiswa YTUB ini sangat tepat sasaran karena beasiswa tersebut diprioritas kepada mahasiswa dari keluarga yang tidak mampu dan memiliki kompetensi akademik yang bagus. Beasiswa tersebut terdiri dari dua jenis beasiwa, yakni gold dan silver. Saya sebagai penerima beasiswa silver banyak terbantu dengan adanya beasiswa tersebut. Beasiswa yang ditawarkan tidak hanya gratis SPP tetapi juga diberikan bantuan biaya hidup selama kuliah. Dengan demikian, saya sebagai penerima beasiswa bisa lebih fokus dalam mengembangkan potensi akademik dan non akademik tanpa memikirkan biaya kuliah. Beasiswa YTUB ini juga membantu saya untuk melanjutkan kuliah fast track S2 di ITS. Jadi, ketika kuliah S1 di semester 7 saya sudah dapat kuliah S2 semester 1 dengan biaya hidup dari beasiswa YTUB juga. Hingga saat ini saya bekerja di Pupuk Kujang, beasiswa YTUB juga memberikan kesempatan bagi penerima beasiswa sebelumnya untuk juga menjadi donatur beasiswa. Dengan demikian, jalinan ukhuwah beasiswa YTUB ini sangat bagus. Harapan saya, semoga semakin banyak mahasiswa-mahasiswa tidak mampu yang dapat dibantu oleh beasiswa YTUB.

Triyono - Teknik Lingkungan 2009
Saat ini bekerja di Pupuk Kujang

Saya, Wulan Noviana, adalah anak seorang petani desa di Kab. Bojonegoro Jawa Timur. Sejak kecil, orang tua selalu mengajarkan kepada saya akan arti pentingnya pendidikan. Itulah mengapa sejak SD saya selalu memperoleh peringkat pertama dan menjuarai berbagai kompetisi di tingkat kabupaten. Masa-masa sulit saya alami ketika harus membayar sejumlah uang untuk membeli seragam, buku, dan biaya lain, sehingga sempat terbersit dalam pikiran saya, “Apakah saya bisa kuliah? Apakah saya bisa jadi sarjana? Apakah saya bisa membanggakan kedua orang tua saya?“. Alhamdulillah, Allah memberikan pertolonganNya melalui YTUB. Keberadaan YTUB membuka harapan baru bagi saya bahwa "Saya Harus Bisa Kuliah". Saya diterima di Jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS Tahun 2010 melalui jalur SNMPTN. YTUB yang melunasi seluruh biaya saat daftar ulang, uang SPP, uang biaya hidup, bahkan YTUB juga memberikan dana untuk penyelesaian skripsi. Dengan bantuan YTUB membuat saya termotivasi untuk lebih giat belajar sehingga selama saya kuliah di ITS selalu mendapatkan predikat cumlaude dan lulus lebih cepat yaitu 3,5 tahun. Saya lulus pada tahun 2014 dan saat ini bekerja sebagai Engineer Divisi Senjata di PT Pindad (Persero). Alhamdulillah berkat YTUB kini saya bisa bekerja sesuai dengan passion saya dan tentunya saya bisa membantu kedua orang tua dan membantu biaya kuliah adik saya. Harapan saya untuk YTUB semoga semakin solid, semakin banyak dana yang terkumpul, dan YTUB semakin banyak dikenal oleh para siswa SMA di seluruh Indonesia sehingga mereka percaya bahwa mereka bisa kuliah jika mereka mau berusaha.

Wulan Noviana - Teknik Material dan Metalurgi 2010
Saat ini bekerja di PT Pindad (Persero)

Kesan saat mendapatkan beasiswa YTUB, saya sangat merasa bersyukur karena telah diberikan jalan oleh Allah melalui YTUB untuk dapat melanjutkan kuliah tanpa harus bingung memikirkan finansial dari perkuliahan. Saat itu YTUB adalah harapan terakhir saya karena beberapa beasiswa telah ditutup pendaftarannya. Berkat YTUB, saya mampu untuk fokus dalam perkuliahan. Alhamdulillah, saya lulus dengan predikat cumlaude. Selain itu, di tahun ke empat saya juga masuk ke dalam 6 besar mahasiswa berprestasi di ITS. Semua pencapaian itu tidak akan saya dapatkan jika tidak mendapatkan bantuan secara finansial dari YTUB sehingga saya bisa fokus dalam kuliah.Saya sangat berterima kasih untuk bantuan yang diberikan kepada saya selama ini. Saya berharap beasiswa YTUB mampu untuk terus memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Semoga amal Bapak/Ibu donatur dapat dibalas dengan rezeki yang berlimpah dan berkah dari Allah SWT.

Dita Agustina - Teknik Kimia 2010
Saat ini bekerja di Bank Mandiri

Dulu saat SMA, saya sedih memikirkan apakah saya dapat kuliah. Berbeda dengan kawan-kawan saya yang bingung memilih jurusan yang diambil, saya justru bingung akan kuliah dengan biaya dari mana. Awalnya pesimis tapi saya bondo nekat mencoba daftar dan lolos masuk ITS. Pikiran saat itu yang penting keterima dulu, biaya dicari belakangan, Insya Allah ada jalan. Setelah masuk, berusaha cari-cari beasiswa dan alhamdulillah saya mendapat beasiswa dari YTUB. Beasiswa YTUB sangat membantu perkuliahan saya sehingga saya lebih bisa fokus karena tidak memikirkan masalah biaya serta termotivasi untuk meningkatkan prestasi. Saya juga senang dapat mengenal kawan-kawan sesama penerima serta keluarga besar YTUB. Kalau dipikir-pikir, dulu saya tidak tahu apakah saya bisa memenuhi impian orang tua saya yaitu memiliki anak yang sarjana. Tidak disangka kini saya sedang menempuh kuliah S2, alhamdulillah. Terima kasih YTUB, semoga dapat terus membantu mahasiswa yang membutuhkan agar dapat meraih impian dan berperan untuk kemajuan bangsa.

Ratna Maulidiyah - Matematika 2010
Saat ini melanjutkan S2 di UI

Alhamdulillah.. Semenjak saya mendapatkan beasiswa YTUB Silver dari semester 4 sungguh sangat membantu dan memotivasi dalam menuntut ilmu di ITS Surabaya, sehingga semasa kuliah bisa berprestasi pergi ke Eropa. Beasiswa Silver YTUB IKA ITS ini setiap bulannya memberikan bantuan sebesar Rp 600rb, angka ini sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan hidup serta keperluan untuk perkuliahan. Tidak hanya sampai di situ, setiap semesternya untuk uang semesteran juga ditanggung. Harapan kedepannya YTUB-IKA ITS menjadi lebih besar dan lebih solid sehingga lebih banyak dari mahasiswa/mahasiswi ITS-Surabaya terbantukan ekonomi perkuliahannya. Maju terus YTUB IKA-ITS. Vivat!

Candra Prasetyo Endro - Teknik Sistem Perkapalan 2010

Perkenalkan nama saya Edi Wibowo, alumni Teknik Elektro ITS E50. Saya menerima beasiswa YTUB Silver mulai dari semester 4 sampai dengan saya lulus kuliah. Alhamdulilah adalah kata yang paling pas untuk menggambarkan kesan saya terhadap beasiswa YTUB.Berangkat seorang diri, dari keluarga sederhana di pelosok kota Wonogiri, sempat mencari beasiswa kesana kemari, alhamdulilah kuliah iso "mari“.Harapan saya ke depannya, Beasiswa YTUB semakin eksis membantu adik-adik menyelesaikan studi di ITS melalui program beasiswa yang lengkap dengan program-program pengembangan diri.

Edi Wibowo - Teknik Elektro 2010
Saat ini berkerja di PT PLN (Persero)

Perkenalkan, saya Imah Luluk Kusminah, salah satu mahasiswi ITS yang mendapatkan beasiswa dari YTUB (Beasiswa Silver). Semenjak menerima beasiswa YTUB, biaya sekolah dan biaya hidup saya sangat terbantu, walaupun sebelumnya saya mencari uang sendiri dengan menjadi guru les privat namun belum cukup untuk membayar kebutuhan sekolah dan biaya hidup di Surabaya. Saya merasa menjadi orang yang sangat beruntung ketika menerima beasiswa ini, karena saya bisa membantu kedua orang tua saya meringankan beban mereka bisa lulus sarjana tanpa membebani mereka. Hal ini tentu sangat berarti dan sangat mendorong saya untuk terus berjuang agar tidak sia-sia pihak YTUB memberikan saya beasiswa. Saya ingin menjadi bagian pencetak generasi muda yang unggul seperti YTUB yang membantu para generasi muda mewujudkan cita-citanya dan mencetak generasi muda yang berguna bagi bangsa dan negara. Oleh karena itu setelah lulus S1, saya mencari beasiswa S2 dan lulus magister ITS dengan beasiswa juga dan tanpa membebani orang tua. Sekarang saya bekerja sebagai dosen di salah satu universitas swasta di Surabaya. Alhamdulillah jalan yang cukup mudah diberikan oleh Allah kepada saya yang tidak semua orang mendapatkan kesempatan itu. Saya sangat bersyukur dan sekarang saatnya saya mengabdikan diri. Harapan ke depannya tentu semoga lebih banyak lagi para lulusan SMA/SMK/MA yang terbantu dengan keberadaan beasiswa YTUB dan tentunya membantu mereka sehingga menjadi generasi unggul seperti kepanjangan dari nama YTUB sendiri (Yayasan Tunas Unggul Bangsa).

Imah Luluk Kusminah - Teknik Material dan Metalurgi ITS 2009

Saya sudah mendapatkan beasiswa dari YTUB sebelum saya masuk di ITS. hal ini yang mendorong saya untuk berjuang agar bisa kuliah di ITS, dan alhamdulillah saya masuk melalui jalur SNMPTN serta mendapatkan beasiswa ini sampai saya lulus dari ITS.Beasiswa YTUB Gold yang saya dapatkan ini mencakup seluruh pembiayaan kuliah, mulai dari biaya pendaftaran, biaya semester, biaya hidup, sampai bantuan Tugas Akhir. Saya terbantu sekali dan sangat berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada YTUB. Harapan ke depannya akan lebih banyak lagi para lulusan SMA/SMK/MA yang terbantu dengan keberadaan beasiswa YTUB.

Anjar Lulu Sakinah - Biologi 2010

Perkenalkan nama saya Mey Lista Tauryawati, saya adalah penerima beasiswa YTUB dari semester 4 selama kuliah di ITS. Alhamdulillah semenjak menerima beasiswa YTUB motivasi saya untuk belajar semakin lebih baik dan hal ini yang membuat saya untuk selalu mendapatkan IPK >3,5 hingga lulus dari ITS. Beasiswa YTUB yang saya dapatkan mencakup seluruh pembiayaan kuliah, dari mulai biaya semester, living cost, sampai bantuan Tugas Akhir. Saya sangat terbantu sekali dan sangat berterimakasih sebanyak banyaknya kepada YTUB. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi para penerima beasiswa YTUB sehingga menghasilkan generasi yang berkualitas dan berprestasi

Mey Lista Tauryawati - Matematika 2010
Saat ini melanjutkan S2 di ITS

Alhamdulillah, saya adalah penerima Beasiswa Gold dari YTUB, di mana beasiswa ini mencakup pembiayan uang pangkal, SPP dan biaya hidup. Terima kasih kepada YTUB karena tanpa beasiswa tersebut, mungkin saya tidak bisa kuliah di ITS dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang sangat minim. Terima kasih YTUB, karena memberikan semangat baru bagi saya untuk mampu terus memperjuangkan pendidikan sampai tamat S1 tanpa hambatan biaya.. Terimakasih kepada para pengurus YTUB yang tidak hanya memberikan bantuan dana, tetapi juga motivasi dan wejangan dari tiap sharing yang dilakukan untuk menambah wawasan saya mengenai pentingnya berusaha untuk hidup sebagai mahasiswa dan hamba Allah selama kuliah. Semoga YTUB mampu terus berkembang, membantu para siswa tamatan SMA yang berprestasi namun kesulitan biaya pendidikan, tetap memberikan motivasi dan petuah keagamaan yang sangat berharga bagi mahasiswa, dan terus solid demi kemajuan Tunas Bangsa yang lemah ekonominya..Maju terus YTUB, InsyaAllah..Allah akan terus memberikan rahmat-Nya bagi semua pengurus, donatur dan penerima beasiswa YTUB..Amin..

Iva Amelia - Kimia 2010

Beasiswa dari YTUB sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup saya selama menempuh studi di ITS. Komponen beasiswa yang terdiri dari biaya SPP, biaya bantuan tugas akhir dan biaya hidup bulanan menjadikan beasiswa dari YTUB sebagai salah satu beasiswa terlengkap dengan jumlah nomimal terbesar saat itu.

Mariyanto - Fisika 2009
Saat ini melanjutkan S2 di ITB.